PERBANDINGAN MEDICATION ERROR FASE PRESCRIBING PADA RESEP MANUAL DAN RESEP ELEKTRONIK DI FARMASI RAWAT JALAN

Main Article Content

M. Rizky Arif
Linda Anggraini
Ismu Dwi Supangkat

Abstract

Latar Belakang: Peresepan elektronik (E-resep) adalah teknologi elektronik yang memungkinkan dokter untuk menulis resep elektronik dan mengirimkannya ke komputer apotek yang dikehendaki yang tergabung dalam jaringan e-prescribing, langsung dari tempat praktik dokter. Peresepan elektronik yang dikembangkan di RSUD Sidoarjo bertujuan untuk mengurangi kesalahan dalam peresepan dan mempercepat respon time. Tujuan: mengetahui perbedaan tingkat prescribing error di farmasi rawat jalan RSUD Sidoarjo. Metode: Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian deskriptif kuantitatif dimana data disajikan dalam bentuk tabel dari hasil pengolahan data dengan instrument penelitian berupa lembar observasi yang kemudian dihitung persentase tingkat prescribing error dan dilakukan uji statistik uji T. Hasil: Tingkat prescribing error pada resep manual 25% dan tingkat prescribing error pada resep elektronik 17%. Hasil uji T α=0,167>0,05. Kesimpulan: Tingkat prescribing error pada resep manual lebih tinggi dari pada tingkat prescribing error pada resep elektronik , tetapi hasil uji T tidak ada perbedaan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arif, M. R., Anggraini, L., & Supangkat, I. D. (2020). PERBANDINGAN MEDICATION ERROR FASE PRESCRIBING PADA RESEP MANUAL DAN RESEP ELEKTRONIK DI FARMASI RAWAT JALAN. AFAMEDIS, 1(1), 1 - 8. https://doi.org/10.61609/afamedis.v1i1.3
Section
Articles

References

Widiastuti, Margareta Susi, and Iwan Dwiprahasto. "Peran Resep Elektronik dalam Meningkatkan Medication Safety pada Proses Peresepan." Jurnal manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 17, No. 1, Maret, 2014: 30-36.

Handayani, Tien Wahyu. "Faktor Penyebab Medication Error di Rsu Anutapura Kota Palu." Perspektif Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani Vol. 2 No. 2, 2017: 224-229.

Farida, Siti, Desak Gede B Krisnamurti, Rani Wardani Hakim, Adisti Dwijayanti, and Erni H Purwaningsih. "Implementasi Peresepan Elektronik." Implementasi Peresepan Elektronik Vol. 5, No. 3 Desember, 2017: 211-216.

Kusumarini, Putu, Iwan Dwiprahasto, and PE Wardani. "Penerimaan Dokter dan Waktu Tunggu pada Peresepan Elektronik dibandingkan Peresepan Manual." Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol. 14, No. 3, September, 2011: 133-138.

Mamarimbing, Marina, Fatimawali, and Widdhi Bodhi. "EVALUASI KELENGKAPAN ADMINISTRATIF RESEP DARI DOKTER SPESIALIS ANAK PADA TIGA APOTEK DI KOTA MANADO." Program Studi Farmasi FMIPA UNSRAT MANADO, 95115, 2012: 46-51.

Jani YH, Ghalep MA, and Marks SD. "Electronic prescribing reduced prescribing errors in renal outpatient clinic." Journal Pediatric 2008, 2008: 152:214-8.

Rahmawati, Fita, and R.A. Oetari. "KAJIAN PENULISAN RESEP: TINJAUAN ASPEK LEGALITAS DAN KELENGKAPAN RESEP DI APOTEK-APOTEK KOTAMADYA YOGYAKARTA." Majalah Farmasi Indonesia