GAMBARAN RESEP ELEKTRONIK TERHADAP WAKTU TUNGGU OBAT JADI PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X SURABAYA PERIODE 20 – 27 FEBRUAR 2019

Main Article Content

Lya Mardiana
Merry P. Chresna

Abstract

Pelayanan farmasi rumah sakit merupakan salah satu kegiatan di rumah sakit yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Farmasi, menyebutkan bahwa pelayanan farmasi rumah sakit adalah suatu pelayanan yang menjadi tolak ukur digunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasiaan dalam menyelenggarakan pelayanan ke farmasian, langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan obat dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan resep elektronik (E- prescribing) merupakan penerapan pelayanan resep optimal yang dapat digunakan sebagai evaluasi implementasi pelayanan terstandart dengan memimalkan waktu pelayanan resep dokter kepada pasien dengan efisien waktu yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh evaluasi implementasi mengenai resep elektronik terhadap waktu tunggu pelayanan resep obat jadi di Instalasi Farmasi rawat jalan Rumah Sakit X di Surabaya.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat prospektif. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit X Surabaya. Subyek penelitian adalah data formulir waktu tunggu pelayanan resep pada instalasi farmasi rawat jalan rawat jalan di Rumah Sakit X Surabaya pada tanggal 20 – 27 Februari 2019. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh berupa data formulir waktu tunggu di Rumah Sakit X Surabaya. Dari hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa pelayanan resep secara elektronik mampu memberikan pelayanan lebih optimal sesuai dengan Permenkes No.129 tahun 2008 dan dapat menjadikan acuan bagi rumah sakit lain pada umum nya untuk berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiana, L., & Chresna, M. P. (2020). GAMBARAN RESEP ELEKTRONIK TERHADAP WAKTU TUNGGU OBAT JADI PADA INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT X SURABAYA PERIODE 20 – 27 FEBRUAR 2019. AFAMEDIS, 1(1), 34 - 43. https://doi.org/10.61609/afamedis.v1i1.5
Section
Articles

References

Hartini, YS dan Sulasmono. 2007. Apotek : Ulasan Beserta Naskah Peraturan Perundang- undangan terkait Apotek Termasuk Naskah dan Ulasan PerMenKes tentang Apotek Rakyat. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Desak Gede B, 2017. Implementasi Peresepan Elektronik. Jurnal ejki.5.8834 Vol.5, No. 3, Desember 2017.

Nazir M, 2011, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia,Bogor.

Sugiyono. 2015 Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alpabeta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.